1. Artikel     →
  2. Wahid Foundation Bangun Ketahanan Masyarakat…

Wahid Foundation Bangun Ketahanan Masyarakat dan Promosikan Nilai-Nilai Perdamaian Melalui Bazar UMKM di Desa Bangsring dan Desa Grajagan Banyuwangi

Banyuwangi Wahid Foundation bekerjasama dengan Japan Tobacco International (JTI) melakukan pendampingan program Desa Damai di Banyuwangi yakni Desa Bangsring dan Desa Grajagan. Program Desa/Kelurahan Damai adalah sebuah inisiatif komunitas untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian dan penyelesaian konflik dengan mendorong perempuan dan kelompok pemuda dalam proses pengambilan keputusan, membangun perdamaian yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan di tingkat desa/kelurahan. 

Dalam hal meningkatkan kesejahteraan sebagai instrumen menyemai perdamaian, Wahid Foundation mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat desa dengan melakukan peningkatan kapasitas dan penyelenggaraan Bazar UMKM pada tanggal 9-10 September 2023 di Desa Bangsring dan pada tanggal 15-17 September 2023 di Desa Grajagan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di wilayah tersebut dan memberikan dukungan dalam mengelola kegiatan kelompok secara mandiri.

Selain menyelenggarakan bazar, Wahid Foundation juga telah melakukan berbagai pelatihan dalam bidang kewirausahaan serta memberikan bantuan alat pendukung usaha kepada pelaku UMKM di dua desa tersebut.

Bazar ini akan dihadiri oleh lebih dari 40 UMKM lokal dan berbagai unsur masyarakat setempat, termasuk ibu PKK, nelayan, serta anggota Forum Kiai Muda. Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan lokal. Dengan terselenggaranya bazar ini, diharapkan UMKM lokal dapat mengenalkan produk-produk unggulan mereka kepada masyarakat umum yang berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.

Di Desa Grajagan, acara bazar juga dikemas dengan panggung hiburan yang menampilkan pertunjukan lokal seperti jaranan singo barong, lawak gandhu dan pentul, dan juga atraksi komunitas BMX dan juga pertunjukan breakdance.

Sementara di Desa Bangsring, acara diawali dengan Senam bersama UMKM dan Nelayan. Kemudian dilanjutkan dengan Rembug Nelayan dengan tajuk “Menjadikan Desa Pesisir yang Aman, Damai, dan Berkelanjutan”. Di hari kedua, juga terselenggara kegiatan halaqoh Kiai muda dengan tajuk “Desa Damai dalam Konteks Agama” yang dihadiri oleh ratusan Kiai muda se Kabupaten Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, Wahid Foundation juga menyediakan stand untuk cek kesehatan gratis dengan bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Wongsorejo.

Terselenggaranya Bazar UMKM ini merupakan sejumlah rangkaian dari acara deklarasi Desa Damai Banyuwangi. Deklarasi ini diagendakan pada tanggal 16 September 2023 mendatang.

Sebelumnya, Wahid Foundation (WF) bersama Japan Tobacco International (JTI) Indonesia meresmikan kerja sama mengembangkan Desa Damai di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Peresmian program ini turut dihadiri oleh Kanasugi Kenji, Duta Besar Jepang untuk Indonesia. (ZA)

ASSOCIATED WITH