1. Artikel     →
  2. Gelar Fashion Show Bersama Juru…

Gelar Fashion Show Bersama Juru Damai: Cara Kreatif Wahid Foundation Sebar Pesan Perdamaian

Jakarta – Melalui gelaran Festival Toleransi Rakyat (Peace Festival 2018) di La Piazza, Gandaria City, Jakarta, Wahid Foundation mencoba menyebar pesan-pesan perdamaian melalui cara-cara yang tidak biasa. Salah satunya melalui gelaran lomba Fashion Show yang melibatkan ibu-ibu dampingan Wahid Foundation dari berbagai wilayah di Jawa.

Amy, salah satu dewan juri gelaran ini memuji Wahid Foundation yang menggabungkan ajang lomba fesyen dengan perdamaian dan kerukunan. Menurut dia, acara ini sungguh luar biasa. Amy mengaku sangat mendukung apa yang dilakukan Wahid Foundation dalam pemberdayaan perempuan Indonesia yang kuat dan tangguh.

“Dan saya lihat core-nya adalah perdamaian dalam lingkup mikro ekonomi dan industri kreatif. Semangat untuk menumbuhkan industri kreatif untuk perempuan berdaya yang memberdayakan lingkungan dan untuk tujuan damai, itu sangat luar biasa,” ujarnya. 

Ini menilai kegiatan Wahid Foundation kian baik dari waktu ke waktu. Hasil-hasil pelatihan yayasan ini, menurut Amy, bisa dijual. “Ke depan saya rasa orang di daerah tidak lagi dalam bayangan kita sebagai ibu-ibu yang tertinggal. Mungkin saat ini mereka beginner (pemula) tapi suatu saat mereka akan ke tahap advance (lanjut),” kata Amy.

Pendapat yang serupa juga disampaikan oleh Ai Syarif yang telah menggeluti dunia fesyen lebih dari 23 tahun mengaku kagum dengan kepercayaan diri para peserta. Selama ini, orang berpikir dunia fesyen hanya di Jakarta.  “Pesertanya adalah perempuan dari kota kecil yang mewakili daerahnya. Dan setelah ini mereka tidak akan berhenti sampai di sini, tapi akan terus bekerja untuk kemajuan daerahnya masing-masing,” terang Syarif.

Ia berharap ke depannya akan ada event untuk fashion desainer bahkan beauty make-up. “Produk beauty make-up kan banyak sekali, saya rasa itu harus didukung. Mungkin mereka di daerah belum terbiasa dengan dress-up atau baju-baju yang di panggung itu harus seperti apa. Dan make-up-nya juga seperti apa,” tutup Syarif.

PARTNERSHIP