1. Artikel     →
  2. Dukung Social Distancing, Yenny Wahid…

Dukung Social Distancing, Yenny Wahid dan Tim Wahid Foundation Salurkan Bantuan Langsung Kepada Keluarga Terdampak Covid-19 Agar Tetap di Rumah

Seiring diterapkannya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang mengharuskan setiap orang membatasi aktivitasnya di luar rumah, banyak sekali masyarakat yang terdampak akibat kebijakan yang diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Mereka yang terdampak rata-rata adalah pekerja non-formal yang sehari-harinya bekerja di luar rumah seperti pedagang, supir taksi, pengendara ojek dan lain-lain. Bahkan, banyak di antara mereka yang harus rela kehilangan tempat tinggal karena tidak lagi mampu membayar rumah kontrakan yang selama ini mereka tinggali.

Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid, merasa prihatin atas musibah yang terjadi saat ini dan atas kondisi yang menimpa mereka. Menurutnya, tidak semua orang bisa menjalankan social distancing karena harus mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya di rumah. Untuk itu, hari ini 5/10 Yenny mendatangi mereka di sekitar Manggarai dan sejumlah tempat lain di Jakarta untuk memberikan bantuan yang telah terkumpul dalam program bantuan peduli Covid-19 #WahidUntukSemua.

"Hari ini kami turun di lapangan untuk membagikan bantuan sembako kepada korban terdampak Covid-19 secara ekonomi," Ungkap Yenny.

Program bantuan #WahidUntukSemua merupakan program bantuan yang sudah berjalan sejak awal Maret lalu, sejumlah bantuan dari banyak donatur terus mengalir hingga kini untuk kemudian disalurkan kepada mereka yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19.

"Program #WahidUntukSemua ini merupakan program kami, di mana kami membantu para keluarga korban yang terdampak Covid-19 secara ekonomi agar mereka bisa menjalankan social distancing dan tetap di rumah saja tanpa perlu keluar rumah untuk mencari nafkah," Kata Yenny menjelaskan kegiatannya dalam live streaming instagram hari ini.

Dalam kegiatan turun di lapangan tersebut, Yenny menemui beberapa orang yang tinggal di kolong jembatan dan beberapa perkampungan di sekitar Manggarai. Banyak di antara mereka yang mengungkapkan penghasilan mereka menurun drastis sejak mewabahnya Covid-19 dan kebijakan PSBB diterapkan, bahkan di antaranya terpaksa kehilangan pekerjaan.

Masih menurut Yenny, tujuannya menggalang bantuan #WahidUntukSemua adalah salah satu bentuk upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan juga sekaligus mewujudkan misi kemanusiaan almarhum Gus Dur.

"Ini adalah upaya kami untuk segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan membantu para keluarga korban secara ekonomi agar mereka bisa tetap di rumah." tutup Yenny mengakhiri kegiatan turun lapangan tersebut.

PARTNERSHIP