1. Artikel     →
  2. Yenny Wahid Raih Penghargaan Rising…

Yenny Wahid Raih Penghargaan Rising Women Empowerment Award 2019

Singapura – Yenny Wahid bersama 11 perempuan dari Indonesia dan Singapura menerima penghargaan "Rising Women Empowerment Award 2019" dari KBRI Singapura dan Her Times Magazine. Penobatan dilaksanakan pada Senin, 22 Juli 2019 di Mandarin Orchard Hotel, Singapura.

Pada kesempatan tersebut, Yenny panggilan akrab Direktur Wahid Foundation ini menyampaikan pada khalayak untuk tidak memandang sebelah mata peran perempuan. Terutama dalam posisi strategis merawat perdamaian dunia.

“Banyak karakteristik yang identik dengan perempuan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dunia saat ini. Seperti soft power, penyabar, gemar bekerjasama dan memecahkan masalah bukan melalui kekerasan,” ujar putri kedua mendiang Gus Dur ini.

Ketika perempuan diberdayakan dan dikuatkan, lanjut Yenny menimpali, maka itu dampaknya akan sangat luar biasa bagi masyarakat dan bagi bangsa itu sendiri. “Jadi saya berharap dengan adanya pengakuan seperti yang telah diberikan ini, bahwa lebih banyak lagi tercipta kesadaran di tengah-tengah masyarakat tentang perlunya menguatkan peran perempuan dalam pembangunan sebuah bangsa,” pungkasnya mengakhiri sambutannya.  

Yenny sendiri dinobatkan sebagai salah satu nomine pada kategori Excellence Award karena jasa dan kerja kerasnya melakukan pemberdayaan perempuan melalui program Desa Damai bersama Wahid Foundation.  

Malam penganugerahan Rising Women Empowerment Award dimaksudkan untuk mendekatkan masyarakat kedua negara yang memiliki kepedulian terkait pemberdayaan perempuan.

Penghargaan diberikan kepada tokoh perempuan Indonesia dan Singapura yang dinilai berjasa dan memberikan inspirasi dalam program pemberdayaan perempuan. Diharapkan tokoh-tokoh yang menerima award akan melanjutkan inisiatif ini dengan membentuk "RISING Women Empowerment Foundation" yang bertujuan membuat program pemberdayaan perempuan di tingkat regional.

Tokoh Indonesia dan Singapura yang memperoleh Rising Women Empowerment Award adalah sebagai berikut, seperti keterangan tertulis dari Pensosbud/Ekonomi KBRI Singapura:

  1. Eminent Women of the Year:Puan Maharani, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Indonesia)
  2. Excellence Award: Tri Risma, Walikota Surabaya (Indonesia) Yenny Wahid, Director, The Wahid Institute (Indonesia)Yeo Yann Yann, Theatre Performer (Singapura)
  3. Achievement Award: Prof. Dr. Dewi, Research Professor (Indonesia) Dr. Gan See Khem, Executive Chairman, HMI Group (Singapura)
  4. Entrepreneur Award: Carmelita Hartoto, President, Andhika Lines (Indonesia)Rina Ciputra, PT. Ciputra Development (Indonesia)Michelle Cheo, CEO, Mewah Group (Singapura)
  5. Philanthropy Award: Anak Agung Ayu, Co-founder, Citra Kartini (Indonesia)Tan Hooi Ling, Co-Founder, Grab (Singapura)
  6. Youth Award: Fiona Chaw, Founder, Aimco Connect Pte. Ltd (Singapura).

Pemberian penghargaan Women Empowerment Award 2019 didahului dengan Forum diskusi mengenai air, bumi, dan perempuan (Water, Earth, and Women). Kegiatan ini menghadirkan pembicara kunci Yenny Wahid direktur Wahid Foundation. Pembicara yang lain adalah Georgette Tan yang merupakan pimpinan UN Women Singapore Committee; dan Esther An, Chief Sustainability Officer dari CDL.

PARTNERSHIP