1. Publikasi     →
  2. Strategi Luar-Dalam; Wahid Foundation dan…

Strategi Luar-Dalam; Wahid Foundation dan Advokasi Kebijakan Pencegahan Ekstremisme Kekerasan di Indonesia

Hampir mustahil tersedia jalan tunggal dalam mencegah dan mengatasi ekstremisme kekerasan. Mustahil pula masalah tersebut dapat diselesaikan oleh satu pihak semata. Dengan kesadaran semacam itu, Wahid Foundation mengambil beragam pendekatan, dan salah satunya terlibat dalam mendorong kebijakan yang mampu memaksimalkan upaya berbagai pihak menekan potensi ekstremisme kekerasan.

Wahid Foundation menjadikan advokasi kebijakan sebagai salah satu pendekatan dalam mencapai misi organisasi dan menjalankan program di tingkat nasional maupun lokal. Sebab, di arena itu, berbagai kepentingan dan gagasan bertemu: pemerintah, masyarakat, dan sektor usaha. Pendekatan ini kami gunakan dalam mendorong Desa Damai, sebuah program yang bertujuan meningkatkan daya lenting mencegah intoleransi dan ekstremisme kekerasan. Begitupun dalam Program Sekolah Damai.

Hasil riset ini memiliki nilai penting bagi Wahid Foundation sebagai tempat bercermin dan mendokumentasikan apa yang telah dialami selama tiga tahun terakhir. Bukan hanya itu, riset ini juga dasar untuk kerja-kerja berikutnya bagaimana rencana aksi dapat efektif mencegah ekstremisme kekerasan.

Download Laporan Riset Advokasi RAN PE WF 

ASSOCIATED WITH