1. Publikasi     →
  2. Sistem dan Perangkat Monitoring dan…

Sistem dan Perangkat Monitoring dan Evaluasi Berbasis Komunitas dalam Mengadvokasi Hak Perempuan dan Anak

Sejak tahun 2013, WAHID Foundation telah menginisiasi program pemberdayaan masyarakat untuk memutus rantai intoleransi dan radikalisme tingkat lokal melalui Program Desa/Kelurahan Damai. Desa/Kelurahan Damai bertujuan mencegah perluasan ideologi intoleran, radikal dan terorisme pada masyarakat akar rumput dengan menjadikan perempuan sebagai aktor utamanya. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membangun perdamaian dan mencegah konflik melalui kelompok perempuan sebagai agent of peace.

Dengan mengkombinasikan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan, pembangunan perdamaian dan pemberdayaan perempuan, saat ini telah terdapat 14 Desa/Kelurahan di Jawa barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang telah mendeklarasikan wilayahnya sebagai Desa/Kelurahan Damai. Deklarasi menjadi ikhtiar untuk memperkuat komitmen warga untuk menjadikan nilai-nilai perdamaian dan keadilan gender sebagai kehidupan bersama.

Pasca deklarasi, komunitas Desa/Kelurahan Damai diharapkan mampu untuk menjadikan prinsip perdamaian dan keadilan menjadi basis dalam membangun kebijakan di tingkat Desa/Kelurahan. Karena itulah, untuk memastikan diadopsinya prinsip perdamaian yang berkeadilan dan kesetaraan gender dalam kebijakan, maka bersama Wahid Foundation, komunitas Desa/Kelurahan Damai mengembangkan Rencana Aksi Desa/Kelurahan Damai (selanjutnya disebut RADes/Kel Damai). Dalam setiap rencana aksi terdapat gambaran kerja, target, waktu kegiatan, cara memantau dan mengevaluasi, berikut pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya.

Tim perencana/Pokja/Satgas juga didorong untuk menjunjung tinggi prinsip do no harm dalam melakukan monitoring dan evaluasi dengan memastikan bahwa data dan informasi tidak boleh sembarang disebarluaskan dan harus mempertimbangkan perlindungan hak-hak korban di atas segala kepentingan. Sebagai dokumen hidup, perbaikan dan penyesuaian sistem dan perangkat monitoring dan evaluasi ini selalu dimungkinkan dan disesuaikan kembali dengan konteks lokal agar dapat merespons kebutuhan di tingkat komunitas.

Download Sistem dan Perangkat Sistem dan Perangkat Monitoring dan Evaluasi Berbasis Komunitas dalam Mengadvokasi Hak Perempuan dan Anak (pdf)

ASSOCIATED WITH