1. Publikasi     →
  2. Rencana Aksi Desa/Kelurahan Damai

Rencana Aksi Desa/Kelurahan Damai

Upaya memutus penyebaran paham intoleran dan radikal membutuhkan komitmen dan inisiatif program yang langsung menyasar ke masyarakat. Desa Damai merupakan program pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh Wahid Foundation bertujuan mencegah perluasan ideologi radikal dan teroris pada masyarakat akar rumput dengan menjadikan perempuan sebagai aktor utamanya.

Sampai dengan saat ini, terdapat 14 Desa/kelurahan yang telah mendeklarasikan wilayahnya sebagai Desa/Kelurahan Damai. Deklarasi ini menjadi bentuk awal perwujudan komitmen bersama untuk menjadikan nilai-nilai perdamaian dan keadilan gender sebagai pondasi kehidupan bersama. Dalam kaitan ini, harus ada niat bersama memastikan perempuan ikut terlibat dalam proses pengambilan keputusan di tingkat desa/kelurahan.

Upaya menciptakan desa/kelurahan yang damai belum cukup hanya dengan mendeklarasikan wilayahnya secara simbolik sebagai desa/kelurahan damai. Namun, sebuah desa/kelurahan damai juga harus mampu menunjukkan komitmennya terhadap perdamaian yang berkeadilan dan kesetaraan gender dengan memastikan terintegrasikannya dengan 9 Indikator Desa/Kelurahan Damai dalam kebijakan desa. Untuk memastikan diadopsinya prinsip perdamaian yang berkeadilan dan kesetaraan gender maka dibutuhkan sebuah rencana aksi. Rencana aksi tidak lain adalah rencana kerja bersama yang terdiri dari gambaran kerja, target, waktu kegiatan dan pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya.

Buku panduan rencana aksi desa damai ini bertujuan memberikan panduan kepada Kelompok Kerja (PokJa) dan pemerintah desa/kelurahan damai dalam membuat rencana aksi. Rencana aksi diharapkan selain mampu mengadopsi prinsip perdamaian dan keadilan gender, namun juga mampu mengadopsi prinsip keamanan insani dengan fokus pada upaya untuk memenuhi rasa aman dan kebutuhan dasar masyarakat dalam mencegah konflik dan ekstremisme kekerasan.

Download Rencana Aksi Desa Kelurahan Damai (pdf)

ASSOCIATED WITH