1. Publikasi     →
  2. Rekomendasi Organisasi Masyarakat Sipil: Kerangka…

Rekomendasi Organisasi Masyarakat Sipil: Kerangka Kemitraan OMS dan Pemerintah dalam Implementasi RAN PE

Inisiasi membangun kemitraan oleh OMS dengan pemerintah, atau sebaliknya, pemerintah terhadap OMS, terus berkembang dengan berbagai capaiannya. Usahausaha ini masih menghadapi sejumlah tantangan. Dalam perspektif sebagian OMS, kemitraan dengan pemerintah masih menghadapi empat tantangan utama, salah satunya belum tersedianya mekanisme kemitraan yang disepakati kedua belah pihak. Padahal, kerangka Kemitraan diperlukan sebagai panduan dan aturan apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh berbagai pihak yang bermitra, bagaimana tata kelola kemitraan, termasuk mekanisme pelaporan.

Dalam RAN PE, Kerangka Kemitraan menjadi sebuah rencana aksi pada Pilar 3 Kemitraan dan Kerja Sama Internasional dengan Fokus 1 “Peningkatan kapasitas kemitraan Terorisme serta pendanaannya.” Aksi yang ditetapkan dalam pilar dan fokus ini adalah “penyusunan platform kemitraan antara pemerintah dengan pemangku kepentingan di masyarakat”.

Dokumen rekomendasi kebijakan ini menyediakan gambaran umum pelaksanaan Diskusi Ketiga Perumusan Kerangka Kemitraan CSO-Pemerintah, 30 Agustus 2021 sekaligus rekomendasi yang ditujukan kepada Sekretariat Bersama RAN PE terkait kerangka kemitraan implementasi RAN PE.

Download Kerangka Kemitraan OMS dan Pemerintah dalam Implementasi RAN PE (pdf)

ASSOCIATED WITH