1. Publikasi     →
  2. Pendekatan dan Mekanisme Perlindungan Berbasis…

Pendekatan dan Mekanisme Perlindungan Berbasis Komunitas untuk Perempuan dan Anak Perempuan Mengakses Keadilan Formal dan Informal

Kekerasan Berbasis Gender (KBG) merupakan isu yang kompleks dan multidimensi. Kekerasan ini bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Kekerasan juga bisa terjadi di ruang publik hingga di dalam rumah. Pelakunya pun bisa siapa saja, dari orang yang tidak dikenal hingga anggota keluarga sendiri. Terkait dengan kekerasan dalam rumah tangga, rumah yang seharusnya menjadi tempat paling aman bagi perempuan dan anak, bisa berubah menjadi tempat menyeramkan bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Ketika terjadi kekerasan dan korban berada dalam satu rumah dengan pelaku, maka akan menjadi lebih sulit bagi korban untuk menyelamatkan diri maupun meminta pertolongan. Selain itu, berbagai stigma, ketakutan, dan sulitnya akses terhadap layanan membuat korban enggan atau sulit melaporkan kekerasan yang menimpa dirinya. Apalagi ketika berhadapan dengan situasi krisis, seperti misalnya Pandemi Covid19, situasi korbanpun menjadi demikian sulit. Pandemi Covid-19 yang mengharuskan beraktivitas di dalam rumah, menjadikan korban kekerasan harus tinggal dan bertemu dengan pelaku setiap saat.

Dalam kaitan itulah, dengan semakin meningkatnya kasus kekerasan berbasis gender yang dialami perempuan dan anak pada masa pandemi, dibutuhkan komitmen pemerintah untuk merespon persoalan dan memastikan bahwa layanan pengaduan bagi korban berfungsi dengan baik dan mudah diakses oleh para korban. Namun, berdasarkan catatan WAHID Foundation, Pandemi Covid-19 telah menjadikan lembaga layanan pemerintah untuk melakukan jangkauan kepada korban Kekeranan Berbasis Gender (KBG) kurang optimal. Ini utamanya karena kurangnya dukungan dana operasional dan perhatian dari pemerintah karena terjadi pengalih fungsian pendanaan dan sumber daya untuk penanganan Pandemi Covid-19.

Terkait dengan problem tersebut, penting kiranya memperkuat sistem perlindungan berbasis komunitas. Desa/Kelurahan sebagai unit pemerintahan terkecil memiliki peranan besar membangun sebuah sistem dan mekanisme perlindungan bagi warganya agar terhindar dari kekerasan berbasis gender, serta menyediakan akses informasi dan dukungan bagi korban kekerasan untuk mendapatkan keadilan.

Download Pendekatan dan Mekanisme Perlindungan Berbasis Komunitas (pdf)

ASSOCIATED WITH