1. Publikasi     →
  2. Pemprov Jateng dan Wahid Foundation…

Pemprov Jateng dan Wahid Foundation Raih Penghargaan RAN PE Awards 2023

Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Wahid Foundation mendapatkan penghargaan RAN PE Awards 2023 Kategori Inisiator Kolaborasi Multipihak antara pemerintah lokal dan organisasi masyarakat sipil (OMS) dalam implementasi Perpres Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) yang dilaksanakan di Sultan Hotel & Residence Jakarta pada Jum’at, (10/03).

Kedua lembaga berhak mendapatkan penghargaan karena dinilai telah berkontribusi nyata dalam pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan di lingkungan pendidikan melalui inisiatif baik Sekolah Damai.

03Boy Rafli Ahmad, Kepala Badan Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam implementasi RAN PE melalui insiatif dan terobosan yang telah dilakukan.

"Pemberian penghargaan bertajuk RAN PE Awards ini merupakan apresiasi setinggi-tingginya dari kami kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Organisasi Masyarakat Sipil yang tetap berkomitmen melaksanakan RAN PE melampaui berbagai kendala dan hambatan, serta melakukan upaya-upaya terobosan dengan mengembangkan inisiatif baru, memperkuat program berkelanjutan, serta kolaborasi antar pemangku kepentingan,” ungkapnya.

Kolaborasi dan kerja sama kedua lembaga dalam program insiatif Sekolah Damai selama ini berjalan sangat baik hingga mampu menghadirkan kebijakan yang menyasar semua unsur di sekolah melalui Pergub Nomor 35 tahun 2022 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Jawa Tengah yang memuat pasal pencegahan ekstremisme dan intoleransi di lingkungan pendidikan.

04Kebijakan inisiatif Sekolah Damai sendiri pada Oktober 2022 lalu telah diresmikan di Kota Surakarta oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jateng bersama Wahid Foundation dihadiri perwakilan 80 sekolah SMA/SMK se-Jawa Tengah. Rencananya, kebijakan tersebut rencananya diterapkan di 80 sekolah tingkat SMA/SMK se-Jawa Tengah pada 2023 ini.

Inisiatif Sekolah Damai awalnya merupakan program yang diinisiasi Wahid Foundation sejak 2017 yang didukung Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ2) dengan 3 pilar utama: pilar kebijakan sekolah, pilar praktik toleransi dan perdamaian, serta pengelolaan organisasi kesiswaan.

Pemberian penghargaan bertajuk RAN PE Awards 2023 sendiri menurut kepala BNPT RI, selain untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak mulai dari Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang berkomitmen melaksanakan RAN PE, menjadi momen juga untuk memperkuat sinergitas dan kerjasama melalui peluncuran Forum Kemitraan Nasional antara Pemerintah dengan Pemangku Kepentingan di Masyarakat.

02_2Forum Kemitraan sendiri merupakan wadah untuk mendorong efektivitas pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah kepada terorisme. Implementasi RAN PE melalui Forum Kemitraan Nasional diharapkan akan berdampak lebih optimal menggunakan pendekatan utama RAN PE “Whole Government and Whole Society Approach.”

Kehadiran RAN PE diharapkan mampu memenuhi hak atas rasa aman setiap warga negara dari paham dan aksi ekstremisme, serta memelihara stabilitas keamanan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Narahubung :
WA only : Oji - 081299211930

ASSOCIATED WITH

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php55/usr/lib64/php/modules/i360.so' - /opt/alt/php55/usr/lib64/php/modules/i360.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: