1. Publikasi     →
  2. Cerita Baik Perdamaian dan Keberagaman…

Cerita Baik Perdamaian dan Keberagaman Indonesia Young Peacemakers

Masa pandemi 2020 adalah momen istimewa sekaligus mengejutkan untuk semua orang karena kita harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi baru, termasuk dalam sektor pendidikan Indonesia. Semua sekolah-sekolah diliburkan dan proses belajar mengajar diubah menjadi sistem daring. Sebagai fasilitator di Wahid Foundation yang bertanggung jawab dalam pendampingan program Sekolah Damai di Jawa Tengah, saya kemudian teringat bahwa para siswa- siswi rohis belum memiliki ruang untuk kampanye program sekolah damai di sekolahnya. Inilah awal mula munculnya kesadaran saya bahwa budaya dan praktik-praktik toleransi yang selama ini sudah terbangun di sekolah- sekolah dampingan Wahid Foundation bisa memanfaatkan media sosial untuk berbagi cerita baik dan positif dari pengalaman mereka.

Sejak akhir 2017, Wahid Foundation sudah menjalankan program sekolah damai di 20 sekolah SMA/SMK Negeri dari empat provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekolah Damai adalah inisiasi dan gagasan dari Wahid Foundation bekerja sama dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) untuk membangun budaya damai dan praktek toleransi di lingkungan sekolah dengan melibatkan semua pihak di dalamnya. Melalui organisasi Rohani Islam (Rohis), program-program sekolah damai yang biasanya direalisasikan secara tatap muka akhirnya dikonsep ulang secara virtual dalam bentuk Diskusi Cerdas Online.

eBook ini adalah kumpulan karya dan tulisan para pelajar dari 30 Sekolah Menengah Atas yang telah mengikuti program beasiswa “Young Content Creator for Indonesian Youg Peacemakers (IYP)".

Selengkapnya download Cerita Baik Perdamaian-Peaceful Digital Storytelling

ASSOCIATED WITH