1. Artikel     →
  2. Wahid Foundation Gelar Halaqah Nasional…

Wahid Foundation Gelar Halaqah Nasional Pemenuhan Hak Kewarganegaraan

JAKARTA, WAHID FOUNDATION Wahid Foundation akan kembali menggelar Halaqah Nasional Pemenuhan Hak-Hak Kewarganegaraan selama tiga hari, sejak 3 hingga 5 Mei 2017 di Hotel Swiss-Bellresidences Kalibata, Jakarta. Selain peserta halaqoh yang berasal dari jaringan organisasi masyarakat sipil, halaqah ini juga dihadiri oleh puluhan tokoh umat Islam dan pemerintahan baik nasional maupun Jawa Barat, seperti Sukabumi, Kuningan, Cirebon dan Tasikmalaya.

Tujuan halaqah kali ini adalah untuk membahas upaya semua pihak dalam menyukseskan pemenuhan hak-hak kewarganegaraan.  “Pemenuhan hak-hak kewarganegaraan bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan tugas negara, meski demikian hal ini perlu didukung oleh seluruh elemen masyarakat salah satunya tokoh agama. Sinergisitas antara tokoh agama dan pemerintah sangat penting dalam mengemban tugas ini,” ujar ketua panitia Halaqah Nasional Hak-Hak Kewarganegaraan, Faiqoh di Jakarta, 3 Mei 2017.

Usai pembukaan, acara akan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan menghadirkan perwakilan dari Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Agama dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Diskusi ini secara khusus membahas peran negara dalam pemenuhan hak-hak kewarganegaraan dan kaitannya dengan kasus pelanggaran hak kewarganegaraan terhadap kelompok agama tertentu.

“Halaqah ini akan mendiskusikan 3 hal, pertama bagaimana Islam memandang konstitusionalisme, kedua bagaimana umat Islam bertoleransi terhadap agama lain atau ideologi lainnya agar tidak terjadi pelanggaran hak-hak kewarganegaraan, ketiga peran yang perlu dilakukan untuk membendung kekerasan berbasis Islam di Indonesia,” tambahnya.

Halaqah ini merupakan wujud kerja sama jaringan Wahid Foundation, Humanist Institute for Cooperation with Developing Countries (HIVOS), Yayasan Paramadina Jakarta, Yayasan Fahmina Cirebon, and Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bernama “Respect and Dialogue” yang didirikan pada tahun 2014 di Jawa Barat. Konsorsium ini bertujuan untuk merespons tantangan meningkatnya kasus-kasus diskriminasi dan pelanggaran terhadap kelompok minoritas agama dan keyakinan di Jawa Barat dalam lima tahun terakhir.

Wahid Foundation adalah lembaga yang bertujuan mewujudkan cita-cita intelektual Gus Dur untuk membangun kehidupan bangsa Indonesia dan umat manusia yang berkeadilan sosial dengan menjunjung tinggi pluralisme, multikulturalisme, demokrasi, HAM yang diinspirasi nilai-nilai Islam.

Rozali

PARTNERSHIP