1. Artikel     →
  2. Negeri Kompak Meriahkan Jogja Peace…

Negeri Kompak Meriahkan Jogja Peace Parade

Jakarta, Wahid Foundation - Ratusan pelajar dari lima sekolah di Yogyakarta pekan ini memainkan papan permainan (board game) Negeri Kompak yang dihibahkan Wahid Foundation. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Jogja Peace Parade untuk memperingati hari perdamaian dunia atau International Day of Peace 2016.

Roadshow Negeri Kompak di Jogja Peace Parade ini melibatkan sejumah fasilitator dari berbagai komunitas. Lima sekolah yang kali ini berkesempatan mencoba Negeri Kompak di antaranya adalah SMA Stella Duce, SMA PIRI, SMA Santo Thomas.

Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian menjadi koordinator untuk kegiatan ini.

Tata Khoiriyah, Sekretaris Jaringan Gusdurian, mengatakan para pelajar dari lima sekolah itu antusias memainkan Negeri Kompak. Para pelajar mengaku menemukan banyak hal baru dari permainan yang berisi nilai-nilai perdamaian dan kebhinnekaan tersebut.

Sebelum di Jogja Peace Parade, Negeri Kompak juga dijajal oleh anak-anak di Sikola Pomore Donggala, Sulawesi Tengah. Sikola Pomore adalah sekolah berbasis voluntarisme yang dibangun untuk mendidik kebhinnekaan kepada anak-anak miskin di Donggala.

Negeri Kompak merupakan papan permainan yang diciptakan Wahid Foundation pada tahun 2014, sebagai bagian dari upaya mengampanyekan perdamaian dan kebhinnekaan kepada para pelajar. Permainan ini telah dimainkan ribuan pelajar dari puluhan sekolah di Pulau Jawa, juga telah didistribusikan ke banyak komunitas di Indonesia. [AI]

PARTNERSHIP