1. Artikel     →
  2. Menlu Tegaskan Tekad Indonesia Majukan…

Menlu Tegaskan Tekad Indonesia Majukan Perempuan

Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut Indonesia akan terus berperan aktif dalam upaya memajukan perempuan, baik dalam skala nasional maupun global. Hal itu dapat disaksikan setidaknya dalam dua hal; pengarusutamaan kebijakan-kebijakan pemerintah yang sensitif gender dan proporsi kabinet kerja presiden Joko Widodo.

Baginya, perempuan miliki peranan besar untuk bersama-sama membangun negeri. Ia menyebut perempuan memiliki insting alami untuk menjadi pembangun perdamaian. “Peace is in the nature of women,” begitu ungkapnya saat berbicara di dialog "A Conversation with the Minster of Foreign Affairs and Women Community Leaders of Indonesia" di Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Peran perempuan ini dipandangnya penting, utamanya dalam mendukung kebijakan luar negeri pemerintah Indonesia yang disebutnya fokus pada upaya membangun perdamaian global. Hal itu bisa dilihat dari peran Indonesia dalam membangun perdamaian di Marawi (Filipina), Afghanistan, Rohingnya, serta Palestina.

Ia juga menegaskan bahwa tidak ada halangan bagi perempuan untuk menjadi agen perubahan dan perdamaian, “Dari pengalaman saya sebagai Menteri Luar Negeri, dengan visi dan kerja keras, perempuan bisa menjadi agen perubahan dan membangun perdamaian,” ungkapnya.

Menlu juga menyebut bahwa perempuan telah diberkati dengan insting untuk menjadi juru damai. Kemampuan perempuan yang bisa mengasihi dan merawat dikatakannya menjadi bukti bahwa perempuan secara alami telah menjadi juru damai.

PARTNERSHIP