1. Artikel     →
  2. Berani Damai Promosikan Peace Day…

Berani Damai Promosikan Peace Day di Kick Andy Show

Jakarta - Berani Damai, komunitas para pecinta perdamaian di Indonesia yang didirikan Wahid Foundation, mempromosikan hari perdamaian dunia atau international day of peace di Kick Andy. Talkshow dengan tema “Perekat Indonesia”ini tayang di Metro TV pada Jumat 23 September 2016 pukul 20.05 WIB.

Acara yang digawangi Andy F Noya ini menghadirkan Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid, penggagas Sekolah Sutan Iskandar Muda Sofyan Tan, ulama muda dari Lombok Tuan Guru Subki Sasaki dan rohaniawan cum budayawan Franz Magnis-Suseno. Empat tokoh ini bicara tentang pengelaman mereka menjaga dan merekatkan perdamaian Indonesia.  

Pembawa acara, Andy F Noya, membuka dialog itu dengan menyajikan hasil penelitian yang dilakukan Wahid Doundation terkait potensi intoleransi dan radikalisme di Indonesia. Data penelitian itu disampaikan Yenny Wahid.

“Meski ada angka-angka yang mengkhawatirkan, terkait potensi intoleransi dan radikalisme di kalangan muslim di Indonesia, kita melihat bahwa mayoritas masih meyakini Pancasila sebagai dasar negara yang paling cocok untuk negara kita,”kata Yenny Wahid.

Sofyan Tan, pendiri sekolah Sultan Iskandar Muda di Kota Medan, Sumatera Utara, berbagi mengenai pengalamannya mendirikan lembaga pendidikan yang mengusung nilai-nilai pluralisme dan kebhinnekaan. Begitu juga Tuan Guru Subki Sasaki, yang terus berupaya merekatkan perdamaian antara umat muslim dengan nonmuslim di Lombok.

Di akhir acara, Yenny Wahid memperkenalkan Komunitas Berani Damai yang dalam tiga tahun terakhir bersama Wahid Foundation menggelar perayaan International Day of Peace. Tahun ini, Wahid Foundation dan Komunitas Berani Damai menggandeng ragam komunitas akar rumput untuk perayaan yang diselenggarakan di Yogyakarta dan Magelang. [AI]

PARTNERSHIP