1. Publikasi     →
  2. Naskah Rekomendasi Kebijakan Strategi Nasional…

Naskah Rekomendasi Kebijakan Strategi Nasional Penguatan Nilai dan Praktik Toleransi di Indonesia

Pada Desember 2016, Wahid Foundation bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM RI (Kemenko Polhukam) melaksanakan seminar nasional dan sosialisasi rekomendasi kebijakan “Mempromosikan Toleransi Sosial Keagamaan” di Jakarta. Dalam kertas rekomendasi yang kita sosialisasikan meliputi aspek intervensi yang tertuang dalam lembar kebijakan yang terbagi dalam tiga aspek: Nilai/Ideologi; Pencegahan; dan Penanganan.

Dalam rekomendasi kebijakan tersebut salah satu instrumen penting untuk ditindaklanjuti adalah penyusunan Strategi Nasional (Stranas) Penanggulangan Intoleransi dan Radikalisme di Indonesia, yang meliputi seluruh aspek intervensi baik ditujukan pada pemerintah maupun masyarakat sipil. Strategi ini nantinya akan memuat secara komprehensif mulai dari kerangka teoritik, kerangka strategi serta rencana aksi nasional dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Strategi nasional ini selain memotret beberapa model strategi yang dikembangkan di beberapa negara, juga memuat beberapa model strategi nasional yang pernah disusun dan dikembangkan di Indonesia. Akan tetapi, dalam konteks penyusunan strategi penanggulangan intoleransi dan radikalisme tentu perlu memuat banyak data-data mengenai dinamika penanggulangan intoleransi dan radikalisme di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk mendukung data-data penyusunan strategi nasional, pada tahun 2017 Wahid Foundation juga melakukan riset kebijakan di Kementerian/Lembaga yang selama ini terlibat dalam pencegahan intoleransi, radikalisme bahkan terorisme di Indonesia. Salah satu temuannya adalah belum adanya sinergi yang kuat antar berbagai Kementerian/Lembaga.

Oleh karena itu Wahid Foundation terus mendorong pemerintah menyusun strategi nasional tersebut dengan melibatkan pemangku kepentingan yang lebih luas seperti organisasi masyarakat sipil, akademisi, dan organisasi keagamaan.

Dokumen ini adalah bentuk akhir dari yang disebut kedua. Melalui diskusi yang intens disepakati nama dokumen ini adalah “Rekomendasi Kebijakan Strategi Nasional Penguatan Nilai dan Praktik Toleransi di Indonesia”.

Selengkapnya download di sini

PARTNERSHIP