1. Publikasi     →
  2. Cerita Perubahan AIPJ2

Cerita Perubahan AIPJ2

Sejalan dengan Strategi Komunikasi, Kerangka Kerja Pemantauan, Evaluasi dan Pembelajaran, dan objektif kegiatan AIPJ2 yang mengarah pada upaya berbagi pengetahuan serta pengembangan kapasitas, AIPJ2 bekerja sama dengan TEMPO Institute dan SOLIDARITAS mengembangkan konsep lokakarya komunikasi yang menggabungkan pendekatan Cerita Perubahan (Story of Change) dengan teknik menulis feature.

Cerita Perubahan adalah pendekatan pemantauan, evaluasi dan pembelajaran untuk mengukur kemajuan dan menunjukkan perubahan yang telah terjadi dalam periode waktu tertentu dalam aktivitas sebuah program.

Pendekatan ini merupakan cara yang menarik untuk melibatkan pemangku kepentingan dan audiens eksternal untuk memahami kemajuan/perubahan yang terjadi melalui sebuah cerita, dengan mengedepankan perspektif dan pengalaman pihak-pihak yang langsung terlibat dalam proses kegiatan. Cerita Perubahan juga merupakan cara untuk menjaga keberlangsungan pembelajaran bagi anggota tim internal, mitra, dan pemangku kepentingan sebuah program.

Untuk mendukung peserta dalam mengembangkan kemampuan menulis Cerita Perubahan, AIPJ2 menggelar lokakarya untuk menggabungkan keahlian pendekatan Cerita Perubahan dari SOLIDARITAS dan prinsip serta teknik menulis feature dari TEMPO Institute, sayap pendidikan kelompok TEMPO MEDIA.

Apakah Cerita Perubahan hanya fokus pada perubahan? Untuk mencapai kondisi perubahan boleh jadi ada kondisi pasal pertama dan kedua atau prosesnya itu bisa jadi cerita perubahan.

Untuk menulis cerita perubahan selalu berhubungan dengan garis waktu, dulu dan sekarang dan bagaimana dinamika perubahannya. Bagaimana kondisi pra perubahan, pemicu perubahan, puncak perubahan, kondisi pasca perubahan dan sekarang. Sebagai panduan menulis cerita, biasa dipakai Dramatic Arc. Ada kondisi pra perubahan, pemicu perubahan, dinamika perubahan, puncak perubahan, perubahan lanjutan pasca puncak, dan kondisi pasca perubahan.

Oleh karenanya publikasi ini akan membahas tentang proses menarasikan perubahan, tata cara menarasikan cerita perubahan, memilah data dan fakta, alur mentoring dalam penulisan cerita perubahan, dan beberapa contoh cerita perubahan yang dituliskan oleh Mitra AIPJ2.

Wahid sebagai salah mitra yang berpartisipasi dalam lokakarya tersebut berkesempatan untuk berbagi cerita tentang “Membangun Budaya Damai Mulai dari Sekolah”. Seperti apa cerita perubahannya… baca selengkapnya di sini.

PARTNERSHIP