1. Publikasi     →
  2. Buku Panduan Pelaksanaan 9 Indikator…

Buku Panduan Pelaksanaan 9 Indikator Desa/Kelurahan Damai

Wahid Foundation berikhtiar mewujudkan Program Perempuan Berdaya Komunitas Damai (Women Participation for Inclusive Society -WISE). Tujuannya menguatkan dan mempromosikan kapasitas masyarakat akar rumput dalam membangun perdamaian dan toleransi. Program ini melibatkan keljasama dengan sembilan desafkelurahan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kesembilan desa itu telah berkomitmen untuk menginisiasi lahimya DesafKelurahan Damai, sebuah komitmen untuk mewujudkan tatanan sosial bersama yang dilandasi penghormatan atas perbedaan dan kesetaraan antarwarga.

Buku Panduan Implementasi 9 Indikator Desa/Kelurahan Damai ini merupakan satu ikhtiar memformulasikan langkah-langkah tersebut. Sembilan indikator itu lahir tidak dari ruang kosong, tetapi merupakan perasan dan intisari dari ragam pengalaman dan kisah yang muncul dari rangkaian forum desa dan konsultasi para pihak. Sembilan indikator ini dibuat sebagai titik tolak bersama untuk mengukur kemajuan komitmen dalam mewujudkan toleransi, kesetaraan, dan membangun perdamaian.

Secara ringkas, kesembilan indikator ini meliputi: (i) adanya komitmen untuk mewujudkan perdamaian; (ii) adanya pendidikan dan penguatan nilai perdamaian dan kesetaraan gender; (iii) adanya praktik nilai-nilai persaudaraan dan toleransi dalam kehidupan warga; (iv) adanya penguatan nilai dan norma kearifan lokal; (v) adanya Sistem Deteksi Dini pencegahan intoleransi dan radikalisme; (vi) adanya sistem penanganan cepat, penanggulangan, pemulihan kekerasan; (vii) adanya peran aktif perempuan di semua sektor masyarakat; (viii) adanya pranata bersama yang mendapat mandat untuk memantau pelaksanaan DesafKelurahan Damai; dan (ix) adanya ruang sosial bersama antar warga masyarakat. Kesembilan Indikator Desa/Kelurahan Damai pada dasarnya merupakan satu kesatuan. Desa/Kelurahan Damai bisa terwujud jika kesembilan indikator ini dijadikan standar dasar pencapaian. Tentu tidak bisa dimungkiri bahwa dalam pelaksanaannya, kesembilan indikator dilakukan secara bertahap dan saling memperkuat.

Selengkapnya dapat diunduh di sini.

PARTNERSHIP