1. Publikasi     →
  2. Buku Mencipta Generasi Penjaga Kebhinekaan…

Buku Mencipta Generasi Penjaga Kebhinekaan  

Wahid Foundation menawarkan inisiatif Sekolah Damai sebagai bagian dari intervensi strategis yang mengedepankan metode kreatif dan sistematis tersebut. Bekerja sama dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), Sekolah Damai yang diluncurkan pada 2017 ini berusaha menciptakan lingkungan sekolah yang mampu membentuk peserta didik menyerap dan menerapkan nilai harmoni, inklusivisme, kerukunan, dan perdamaian. Inisiatif Sekolah Damai dijalankan di 60 sekolah di empat provinsi: Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Buku panduan ini merupakan hasil perasan dari berbagai proses Sekolah Damai di puluhan sekolah tersebut. Selain mendokumentasikan pembelajaran sepanjang pelaksanaan Sekolah Damai 2017-2019, buku panduan ini mengurai prinsip-prinsip dan langkah-langkah yang menjadi patokan pelaksanaan Sekolah Damai. Tujuannya untuk memudahkan SMA, SMK, dan sederajat di Indonesia yang ingin menerapkan Program Sekolah Damai di lingkungan mereka. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi rujukan pembuat kebijakan dan pegiat organisasi masyarakat sipil dalam mengarusutamakan nilai-nilai perdamaian dan toleransi di sekolah.

Berbeda dengan program-program pendidikan lain yang menyasar dunia luar sekolah, Program Sekolah Damai masuk ke institusi dan proses sekolah. Panduan ini merumuskan tiga pilar utama yang dijadikan indikator capaian toleransi dan perdamaian, yaitu pilar kebijakan, pilar lingkungan sekolah dan pilar tata organisasi siswa. Setiap pilar diurai lebih rinci dengan fokus dan komponen yang secara spesifik dapat diukur. Dari segi proses dan tahapan, panduan ini mengupas secara gamblang tahap-tahap yang harus dilalui, mulai dari pengenalan konsep, penguatan kapasitas dan pendampingan siswa, hingga pendampingan perumusan kebijakan sekolah. Dan tentu, ketika melibatkan siswa, metode yang digunakan harus kreatif dan “kekinian”.

Buku dapat diunduh di sini

PARTNERSHIP