Tentang Wahid Foundation

Wahid Foundation (sebelumnya dikenal sebagai Wahid Institute) diluncurkan pada tanggal 7 September 2004, di Four Seasons Hotel di Jakarta. Didirikan pada saat dunia belum sembuh dari rasa sakit dan panik yang disebabkan oleh tragedi 2001/11/09 di New York, dan ketika Indonesia telah mengalami berbagai wabah kekerasan komunal yang dipicu oleh sengketa atas nama agama atau identitas etnis

Meskipun transisi demokrasi Indonesia dimulai dengan reformasi hukum pada tahun 1998, diikuti oleh pemilihan umum yang bebas pada tahun 1999, pecahnya kekerasan komunal membuat jelas bahwa prinsip-prinsip budaya dalam demokrasi belum tertanam dalam masyarakat Indonesia. Banyak faktor yang bermain, tapi salah satu yang paling penting adalah peran agama - Islam khususnya di negara Muslim terbesar di dunia - yang dalam kombinasi dengan identitas etnis telah lama membentuk karakter masyarakat. Sementara itu, dunia secara keseluruhan penuh dengan ketakutan yang disebabkan oleh kekerasan dan aksi teror. 

Wahid Foundation didirikan untuk memajukan visi kemanusiaan dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam memajukan pengembangan toleransi, keberagaman dalam masyarakat Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin, membangun demokrasi dan keadilan fundamental, dan memperluas nilai-nilai perdamaian dan non-kekerasan di Indonesia dan di seluruh dunia. 

Baik di tingkat regional dan global, Wahid Foundation memfasilitasi dialog dan membangun pemahaman antara Islam dan agama-agama dan budaya lain, termasuk antara mereka yang hidup di dunia Muslim dan mereka yang tinggal di Barat. Di Indonesia, Wahid Foundation mendorong munculnya pemikir muda dan aktivis untuk mewujudkan komitmen dan visi Gus Dur. Wahid Foundation menyelenggarakan pendidikan untuk pemuda, peningkatan kapasitas bagi ulama Muslim untuk menghasilkan pemahaman lintas-agama, lintas-budaya, dan dialog lintas-etnis, dan mempromosikan mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses membangun kesejahteraan ekonomi, keadilan dan pemerintahan yang baik. 

PARTNERSHIP