1. Artikel     →
  2. Yenny Wahid: Kita Harus Bekerjasama…

Yenny Wahid: Kita Harus Bekerjasama Mencegah Aksi Terorisme

Pada Rabu (24/5) malam, Jakarta kembali diguncang aksi bom bunuh diri. Seperti diberitakan, sekitar pukul 21.00 WIB, dua ledakan terjadi di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Peristiwa terorisme ini mengakibatkan tiga orang anggota polisi yang tengah berjaga mengamankan pawai menyambut Ramadhan meninggal dunia, serta menyebabkan puluhan orang terluka. Dua orang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri juga dinyatakan meninggal seketika. Atas peristiwa ini, Wahid Foundation menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Menyampaikan duka cita yang mendalam kepada tiga anggota kepolisian Republik Indonesia yang meninggal saat bertugas dan simpati mendalam atas puluhan korban luka-luka lainnya dalam peristiwa tersebut.

2. Mengutuk keras aksi para pelaku dan jejaring pendukungnya dalam peristiwa yang sangat melukai sekaligus bertentangan dengan nilai-nilai agama dan kemanusiaan tersebut.

3. Menyerukan semua pihak agar tidak gentar terhadap aksi teror, sekaligus mengimbau agar upaya teror ini dijadikan media konsolidasi keberanian untuk menguatkan semangat kerjasama semua pihak mulai dari pemerintah dan kalangan masyarakat, dalam melawan dan mencegah aksi-aksi terorisme. 

 

4. Mengimbau semua pihak untuk memperkuat pesan damai, positif, pendidikan kritis untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik sekaligus mengimbau semua kalangan untuk menghentikan segala bentuk ujaran kebencian (hate speech) di ruang publik termasuk media sosial, karena dapat menguatkan radikalisasi di masyarakat.

5. Mendorong pemerintah atau organisasi sosial yang memiliki perhatian pada isu ini untuk melakukan pendampingan seperti konseling kepada korban dan keluarganya, termasuk keluarga pelaku, demi menghindari dampak buruk dari peristiwa ini. Ke depan mereka juga diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam menyuarakan usaha-usaha membangun perdamaian.

6. Mendorong tokoh-tokoh agama dan keyakinan juga organisasi-organisasi sosial keagamaan untuk terus memperkuat sikap toleransi, keterbukaan, dan non ekstremisme di lingkungan mereka sehingga memperkecil tumbuhnya sikap dan pemikiran ekstrem yang mengarah pada tindakan terorisme.

Jakarta, 25 Mei 2017

PARTNERSHIP