1. Artikel     →
  2. Wahid Foundation Salurkan 570 Paket…

Wahid Foundation Salurkan 570 Paket Berbagi Ramadan ke Kelompok Dampingan  

Depok - Sejumlah perempuan kelompok dampingan Koperasi Cinta Damai (KCD) mengikuti kegiatan silahturahmi Ramadan yang diselenggarakan oleh KCD Wahid, atas dukungan Kedutaan Uni Emirat Arab di Jakarta. Bertempat di Telorindo, Sawangan Kota Depok, kegiatan ini diikuti oleh 574 anggota aktif kelompok perempuan KCD Wahid.  

Sebagaimana tahun–tahun sebelumnya, kegiatan ini diisi oleh penampilan rebana Ibu-ibu dampingan yang aktif di majelis taklim, pembacaan tilawah dan sejumlah penghargaan bagi anggota kelompok. “Tahun ini sedikit berbeda, karena kita bekerjasama dengan Kedutaan Uni Emirat Arab (UEA) Indonesia Jakarta untuk menyalurkan 570 paket sembako kepada kelompok dampingan kami, tentu kami bersyukur semoga kerjasama ini terus terjalin,” tandas Siti Kholisoh, Ketua KCD Wahid, pada sambutannya.

Silahturahmi Ramadan 2019 kali ini mengusung tema “Peran Perempuan Dalam Membangun Toleransi di Akar Rumput”. Tema ini ingin mempertegas peran perempuan dalam menyemai perdamaian, lebih-lebih pasca pemilu 2019, dimana kohesi sosial masyarakat terkoyak karena fanatisme pilihan politik.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun diselenggarakan pada bulan suci ramadan, diikuti oleh sebagian besar anggota kelompok dampingan KCD Wahid Foundation. Dalam sambutannya, Olis sendiri menambahkan selain pembagian sembako, pertemuan tahunan ini sekaligus sebagai momentum untuk saling mengenal dan silahturahmi antar anggota dari berbagai kelurahan di sekita Depok dan Bogor.

Direktur Eksekutif Wahid Foundation, Mujtaba Hamdi yang turut hadir dalam acara tersebut, menyeru kepada peserta yang hadir. Bahwa ramadan kali ini merupakan momentum untuk merajut kembali jalinan silahturahmi yang sempat bergesekan karena perbedaan pilihan politik, dan narasi kebencian atas perbedaan pandangan.

Koperasi Cinta Damai (KCD) sendiri merupakan lembaga keuangan yang didirikan oleh Wahid Foundation sejak tahun 2013 untuk memberikan bantuan permodalan kepada perempuan di tingkat akar rumput. Saat ini KCD memiliki kurang lebih 1.500 anggota yang tersebar di Kelurahan Damai Depok dan Bogor, serta 6 Desa Damai yang tersebar di Solo Raya, Kabupaten Klaten, Kab. Batu, Kab. Malang dan Sumenep, Jawa Timur. Selain simpan pinjam, KCD Wahid juga memiliki unit bisnis/usaha One Laundry, One Cookies yang dikelola langsung oleh para anggota. Para perempuan ini tidak hanya diberi bantuan permodalan, tetapi juga diberikan beberapa kegiatan untuk peningkatan kapasitas seperti literasi keuangan, kesetaraan gender, dan peace building. SK/Red

 

PARTNERSHIP