1. Artikel     →
  2. Perbedaan

Perbedaan

 

Apa sebenarnya arti perbedaan yang ada?

Perbedaan yang sering membawa kita ke dalam sebuah hal yang sering disebut masalah. Perbedan yang sering membuat kita bingung dan galau, apakah perbedaan ini ciptaan sang maha esa? Karena perbedaan ini membuat kita seperti orang yang tidak ber-Tuhan dan membuat kita seperti pembangkang kelas kakap..

Perbedaan adalah masalah sudut pandang.

Perbedaan yang ada bukan masalah salah atau benar, tapi pantas atau tidak. Ketika kita memilih untuk berbeda, yang dinilai bukanlah salah atau benar, tapi pantas atau tidak. Sudut pandang orang terhadap sebuah kepantasan adalah wajib hukumnya bagi orang di sekitar kita. Perbedaan pun harus terlihat pantas dan terhormat.. Yang mungkin, tidak pantas dan tidak terhormat bagi kita yang menjadi korban sebuah sudut pandang. 

Perbedaan adalah (sedikit-banyak) pengorbanan.

Perbedaan membutuhkan suatu peleburan yang dinamakan toleransi. Pengorbanan ego dan pengorbanan pemikiran. Ego yang hanya dimiliki oleh manusia yang merupakan korban 'kepantasan' dan menuntut sebuah pemikiran yang lebih terbuka dan luas. Pengorbanan yang membuat kita lebih rendah hati jauh dari rendah diri. 

Perbedaan adalah kawan perasaan.

Perasaan adalah kawan logika. Namun perasaan adalah sahabat dekat Tuhan. Perasaan adalah sudut pandang lain yang jarang mendapat porsi. Ketika perbedaan adalah akibat dari perasaan yang Tuhan berikan, sekali lagi perlu kita tanyakan, " apakah kita ber-Tuhan ketika memilih mengikuti perasaan (baca : memilih berbeda?) ". 

Satu yang pasti,

Perbedaan adalah Anugerah.

Ketika orang disekitar kita meributkan nilai dari sebuah kepantasan atas sebuah pilihan, sebenarnya kita patut bersyukur karena tidak semua orang mampu menerima sebuah perbedaan. Pernah dengar 'beda itu indah?' ya begitulah sebenarnya esensi dari sebuah perbedaan, keindahan. Keindahan toleransi, keindahan pemikiran, dan keindahan sudut pandang. 

Bersyukurlah kawan bagi kita yang pernah dan sedang menjalani sebuah perbedaan. Perbedaan adalah pelajaran paling hakiki, yaitu pelajaran tentang saling menghargai dan saling menghormati. Ingat, perbedaan tidak meminta kita untuk menyatukannya, perbedaan hanya minta untuk dihargai dan dihormati. 

Tersenyumlah :)

 

Denny Nurina, Alumni fakultas Bahasa & Sastra Inggris Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

PARTNERSHIP