1. Articles     →
  2. Kusumawati: KCD Penuhi Harapan Saya

Kusumawati: KCD Penuhi Harapan Saya

Sejak diluncurkannya setahun silam, Koprasi Cinta Damai telah banyak memberikan manfaat bagi kaum ibu di Depok dan Bogor Jawa Barat. Hal ini sebagaimana disampaikan Kusumawati anggota KCD di kampunmg Duren Seribu, Sawangan, Depok Jawa Barat.

“Dari awal mendapat pinjaman dari KCD saya mendapatkan banyak keuntungan. Bisa untuk modal dagang, memberikan uang jajan anak-anak sekolah dan membantu keuangan keluarga,” tutur Kusumawati kepada Nurcholish, Selasa kemarin (7/11). Ia menilai bahwa KCD telah memenuhi harapannya dan juga ibu-ibu lainnya yang memanfaatkan program KCD tersebut.

Mulanya, ketika program KCD baru dibuka setahun lalu ia meminjam dana 1 juta rupiah untuk modal dagang penganan atau kue. Jumlah tersebut ia kembalikan selama 40 minggu. Setelah lunas ia memimjam kembali dengan jumlah lebih besar. Pinjaman kedua saya mendapatkan 1,5juta rupiah,” jelasnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Hlda Savitri yang juga tinggal di kampung Duren Seribu. “Administrasinya gampang. Tak berbelit,” ungkapnya. Ia juga mengaku sudah meminjam selama 3 kali. Dari mulai 1 juta rupiah, lalu 1,5 juta rupiah, dan terakhir 2 juta rupiah. Kesemuanya ia cicil dengan lancer.

Koprasi Cinta Damai merupakan salah satu kegiatan simpan dan pinjam dari program WISE yang merupakan  penguatan perempuan untuk masyarakat damai. Program tersebut  didanai oleh UN Women dan diimplementasikan oleh Wahid Foundation.

Kegiatan lain dari program ini adalah Workshop Gender dan Peace Building, pelatihan kecakapan pengelolaan keuangan dan bisnis, dan inisiasi pembentukan kampong damai. Di wilayah Jawa Barat program ini dihelat di Depok dan Bogor yang mencakup 9 kampung. [AN]

PARTNERSHIP