1. Artikel     →
  2. Jamannya Kolaborasi, Buat Konten Social…

Jamannya Kolaborasi, Buat Konten Social Impact

Siti Kholisoh*

Wahid Foundation sejak berdiri tahun 2004 telah banyak melakukan kajian, riset, survei, pendampingan, pemberdayaan masyaraka, dan advokasi kebijakan. Perjalanan selama 14 tahun ini memuat makna yang sangat beragam. Hampir setiap hari tim media Wahid Foundation membalas satu persatu permintaan dan respon kerjasama dari masyarakat melalui akun media sosial Wahid Foundation. Hal ini menunjukkan sebagian masyarakat setia memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Wahid Foundation. Kami menyadari kerja – kerja kampanye Islam damai dan toleransi yang telah kami lakukan masih memiliki keterbatasan, sehingga untuk menunjang kampanye yang lebih efektif kita kembangkan dengan kerjasama dengan berbagai lembaga platform media seperti Google, Youtube, Facebook dan Twitter.

Pada tahun 2018, Youtube mengembangkan program Youtube Creator for Change yang merupakan program global yang di kembangkan oleh youtube tuntuk multiplying dan memperkuat narasi positif di Youtube, mereka yang concern pada isu - isu sosial dan mempromosikan toleransi dan empati melalui channel youtubenya. Di Indonesia, ada 5 content creator yang terpilih menjadi Youtube Creator for Change Indonesia. Wahid Foundation yang dilibatkan sebagai expert issue berkolaborasi dengan @kitabisa.com dan @ayomikir sebagai salah satu fellow tujuannya memberikan insight kepada para Creator for Change untuk mengembangkan projeknya selama 4 bulan dimulai Agustus – November 2018. Kegiatan bersama yang kita jalankan antara lain : Membuat konten social impact tentang toleransi, workshop content creator bagi para pemuda bulan Oktober 2018, fundraising sebagai follow up program.

Program ini merupakan kerjasama Youtube, UNDP dan Love Frangky, diakhir program Creator for Change Regional Summit 2018 yang diselenggarakan pada 15-16 November 2018 di Youtube pop Space Bangkok, Thailand acara dihadiri oleh perwakilan CSO partner, perwakilan pemerintah, content creator dari 7 negara Asia - Pasific Indonesia, Malaysia, Filphina, Thailand, Singapura, Australia dan India.

Selain sharing knowledge, Wahid Foundation juga banyak belajar tentang bagaimana membuat konten yang kreatif, systematic dan impactfull, yang tentunya hal tersebut masih menjadi tantangan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) saat ini. Kolaborasi dengan Youtube Creator for Change menjadi upaya yang strategis untuk mainstreaming isu perdamaian dan toleransi ke masyarakat luas dan memperkuat jaringan media.

 


*Senior Officer Media dan Kampanye

PARTNERSHIP