1. Articles     →

Not available for Indonesia version Call for Concept Note

Call for Concept Note

Tolak Ujaran Kebencian (TOLERAN)

Merebaknya ujaran kebencian, baik di dunia maya maupun di dunia nyata (offline) harus menjadi keprihatinan bersama, terutama dengan dampak buruk yang dihasilkan dari menyebarnya ujaran agitatif ini. Pemerintah mengklasifikasikan jenis ujaran kebencian yang dipandang berbahaya kedalam tiga kategori yang dikenal dengan singkatan Pro-A-Pro, yakni; Provokasi, Agitasi dan Propaganda.

Di sisi lain, jumlah orang-orang atau aktor yang berada di balik maraknya sebaran ujaran kebencian ini tidak sebanding dengan jumlah orang-orang moderat yang anti terhadap Pro-A-Pro. Data dari Survey nasional yang dilakukan oleh Wahid Foundation pada 2016 menunjukkan bahwa mayoritas umat Muslim Indonesia (72%) menolak segala hal terkait dengan gagasan atau kegiatan yang mengarah pada radikalisme.

Untuk mengatasi masalah ini, Wahid Foundation mengundang komunitas, organisasi, maupun lembaga yang aktif di masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia untuk mengajukan gagasan-gagasan cemerlang, aplikatif, efektif dan memiliki keberlanjutan yang baik dalam melawan sebaran ujaran kebencian dengan pengarusutamaan nilai-nilai perdamaian. Wahid Foundation akan mendanai usulan-usulan terbaik yang dipilih melalui jalur seleksi terbuka.

Untuk informasi lengkapnya silakan unduh di sini dan formulirnya dapat diunduh di sini

 

PARTNERSHIP